Rutin Cek Oli Motor di Musim Penghujan

Rutin Cek Oli Motor di Musim Penghujan - Bertemu lagi dengan saya Admin Go Sehat Pedia, Kali ini saya menulis artikel dengan judul Rutin Cek Oli Motor di Musim Penghujan, semoga saja isi postingan mengenai Otomotif, bermanfaat buat sahabat Go Sehat Pedia.

Judul : Rutin Cek Oli Motor di Musim Penghujan
link : Rutin Cek Oli Motor di Musim Penghujan

Cek kondisi oli bisa dilakukan melalui dipstick. YT

Jakarta: Memasuki musim penghujan, biasanya disertai banyaknya genangan air bahkan banjir di beberapa daerah. Biasanya sepeda motor yang paling sering terkena dampak buruk genangan air ini karena nekad menerobos.

Agar tak terjadi mogok di jalan, tentu harus jeli melihat kondisi jalanan dan ketinggian genangan air. Selain itu juga patut memperhatikan kondisi pelumas di dalamnya.
 
Memeriksa kondisi oli bisa dilakukan dengan mudah. Pemilik motor bisa memeriksanya sendiri dengan memperhatikan dipstick yang menyatu dengan tutup lubang oli.

"Pantau dari dipstick saja, lihat volume dan warna olinya," ujar Mekanik TDR Technology Center, Ari Kuncahyo, kepada Medcom.id di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Jika oli sudah tercampur dengan air, maka warna dan kekentalannya akan berubah. Biasanya oli akan berwarna putih dan oli akan menjadi lebih encer.

Air bisa saja masuk ke ruang oli melalui lubang-lubang yang ada, seperti lubang knalpot atau tutup lubang oli yang tidak rapat. Kesempatan ini bisa saja membuat air hujan atau air yang tergenang masuk ke ruang mesin dan oli.

"Kalau habis menerobos banjir, sebaiknya langsung dibawa ke bengkel untuk diperiksa atau langsung ganti oli. Langkah ini dilakukan sebagai antisipasi andai ada rembesan air masuk ke ruang mesin," tutur pemilik bengkel di Jatiwarna, Ahmad, di kesempatan berbeda.

Efek buruk yang dihasilkan jika kondisi oli memutih dan encer adalah mesin tidak terlumasi dengan baik. Sehingga beberapa komponen berpotensi tergores atau rusak dan tidak tahan terhadap panas. Kondisi ini pastinya membuat mesin bisa rusak andai dibiarkan dalam waktu yang lama.

(UDA)


Let's block ads! (Why?)



Bagaimana postingan Artikel tentang Rutin Cek Oli Motor di Musim Penghujan ?

Mungkin cukup sekian postingan Rutin Cek Oli Motor di Musim Penghujan kali ini, semoga bisa memberi manfaat untuk anda. Sampai bertemu kembali di postingan artikel selanjutnya. Jangan lupa bagikan artikel ini jika bermanfaat.

Terima kasih telah membaca artikel Rutin Cek Oli Motor di Musim Penghujan dengan alamat link https://motorxpert.blogspot.com/2018/11/rutin-cek-oli-motor-di-musim-penghujan.html

Related Posts:

0 Response to "Rutin Cek Oli Motor di Musim Penghujan"

Post a Comment