Deteksi Kerusakan Kaki-Kaki Mobil Berdasarkan Bunyi

Deteksi Kerusakan Kaki-Kaki Mobil Berdasarkan Bunyi - Bertemu lagi dengan saya Admin Go Sehat Pedia, Kali ini saya menulis artikel dengan judul Deteksi Kerusakan Kaki-Kaki Mobil Berdasarkan Bunyi, semoga saja isi postingan mengenai Otomotif, bermanfaat buat sahabat Go Sehat Pedia.

Judul : Deteksi Kerusakan Kaki-Kaki Mobil Berdasarkan Bunyi
link : Deteksi Kerusakan Kaki-Kaki Mobil Berdasarkan Bunyi

Jakarta: Selain mesin, kaki-kaki mobil adalah salah satu bagian yang perlu dilakukan dalam perawatan mobil. Karena komponen yang satu ini berfungsi memberikan kenyamanan saat berkendara.

Bila muncul bunyi-bunyi aneh pada bagian kaki atau setir terutama bila melewati jalan berlubang, sebaiknya periksa kondisi mobil Anda.

Untuk mengetahui penyebab kerusakan komponen tersebut, Entis yang merupakan mekanik sekaligus pemilik bengkel Cahaya Per di bilangan Bekasi Barat, Jawa Barat, membagi pengalamannya mengenali kerusakan berdasarkan bunyi-bunyi aneh di bagian kaki-kaki mobil.

Shockbreaker 
Komponen yang satu ini memiliki fungsi untuk meredam guncangan. Bila shockbreaker sudah lemah (mati) akan menimbulkan bunyi 'bleduk' terutama jika melewati jalan bergelombang dan mobil terasa limbung terutama saat berbelok dengan kecepatan tinggi. Shockbreaker yang rusak bisa membuat permukaan ban mobil habis tidak rata (bergelombang) dan benjol.

Tierod dan balljoint
Komponen ini berfungsi sebagai pengikat roda dan meneruskan gaya belok dari kemudi. Bila rusak, stir mobil akan terasa kosong, tidak memengaruhi arah mobil meski kemudi sudah diputar. Ini membuat mobil sulit dikendalikan sehingga tidak stabil saat anda memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi.  Bunyi 'klutuk'  terdengar tipis dan terasa di stir. Kondisi ini juga mengakibatkan habisnya ban mobil bagian dalam.

Link stabilizer
Berfungsi sebagai penghubung stabilizer dengan collover shock atau lengan ayun. Apabila komponen yang satu ini mengalami kerusakan, bunyi yang terdengar juga hampir sama dengan pada kerusakan di tierod dan balljoint, terutama bila melewati jalan berlubang. 

Bushing 
Berfungsi membantu pengendalian roda oleh kemudi. Bila bushing rusak maka akan menyebabkan bunyi dan getaran terasa sampai ke setir. Pada saat berbelok stir mobil tidak akan berbalik sendiri dan mengakibatkan ban mobil bergelombang serta benjol. Bunyi yang ditimbulkan bisa jadi tidak konsisten serta tidak begitu menonjol seperti bunyi benturan keras.

(UDA)


Let's block ads! (Why?)



Bagaimana postingan Artikel tentang Deteksi Kerusakan Kaki-Kaki Mobil Berdasarkan Bunyi ?

Mungkin cukup sekian postingan Deteksi Kerusakan Kaki-Kaki Mobil Berdasarkan Bunyi kali ini, semoga bisa memberi manfaat untuk anda. Sampai bertemu kembali di postingan artikel selanjutnya. Jangan lupa bagikan artikel ini jika bermanfaat.

Terima kasih telah membaca artikel Deteksi Kerusakan Kaki-Kaki Mobil Berdasarkan Bunyi dengan alamat link https://motorxpert.blogspot.com/2018/10/deteksi-kerusakan-kaki-kaki-mobil.html

Related Posts:

0 Response to "Deteksi Kerusakan Kaki-Kaki Mobil Berdasarkan Bunyi"

Post a Comment