Kemudi Terasa Berat? Cek Komponen Ini

Kemudi Terasa Berat? Cek Komponen Ini - Bertemu lagi dengan saya Admin Go Sehat Pedia, Kali ini saya menulis artikel dengan judul Kemudi Terasa Berat? Cek Komponen Ini, semoga saja isi postingan mengenai Otomotif, bermanfaat buat sahabat Go Sehat Pedia.

Judul : Kemudi Terasa Berat? Cek Komponen Ini
link : Kemudi Terasa Berat? Cek Komponen Ini

Jakarta: Saat ini hampir seluruh mobil sudah dibekali power steering agar kinerja setir lebih ringan. Namun jika setir mulai terasa berat, jangan buru-buru langsung membongkar power steering di bengkel.

Ada tiga hal yang harus diperiksa jika power steering terasa mulai berat. Hal pertama adalah kondisi ban. Kemudi yang terasa berat tidak selalu disebabkan karena power steering yang bermasalah atau komponen-komponennya yang sudah mulai aus, tetapi bisa juga disebabkan karena tekanan udara pada ban yang terlalu rendah. Maka dari itu,kondisi ban harus diperiksa agar sesuai dengan psi yang direkomendasikan oleh produsen mobil.
 
Kemudian periksa kondisi cairan power steering dan kondisinya. Kekurangan cairan pastinya akan membuat kemudi menjadi kaku, maka dari itu pastikan jumlahnya cukup agar level power steering dalam kondisi yang tepat. 

Pastikan jika menemukan cairan power steering sudah berwarna gelap disarankan untuk menggantikannya dengan yang baru.

Contoh bushing Alphard yang sudah aus

Komponen yang terakhir diperiksa adalah katrol di unit power steering. Cara mengeceknya adalah dengan menekan sabuk tersebut menggunakan ibu jari untuk memeriksa ketegangannya. Pastikan kondisi sabuk tersebut baik, tidak memiliki rumbai-rumbai di bagian tepinya, dan tidak rusak atau retak.

Kerusakan lain yang terjadi pada sistem kemudi bisa juga disebabkan oleh berbagai komponen sistem kemudi, seperti ball joint dan bushing yang sudah aus. Tapi tak ada salahnya memeriksakan ketiga kondisi komponen tersebut jika setir mobil terasa mulai berat.

"Tierod dan balljoint berfungsi sebagai pengikat roda dan meneruskan gaya belok dari kemudi. Bila rusak, kemudi mobil akan terasa kosong, tidak mempengaruhi arah mobil meski kemudi sudah diputar. Ini membuat mobil sulit dikendalikan sehingga tidak stabil saat anda memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi," kata Entis mekanik sekaligus pemilik bengkel Cahaya Per di bilangan Bekasi Barat, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

(UDA)


Let's block ads! (Why?)



Bagaimana postingan Artikel tentang Kemudi Terasa Berat? Cek Komponen Ini ?

Mungkin cukup sekian postingan Kemudi Terasa Berat? Cek Komponen Ini kali ini, semoga bisa memberi manfaat untuk anda. Sampai bertemu kembali di postingan artikel selanjutnya. Jangan lupa bagikan artikel ini jika bermanfaat.

Terima kasih telah membaca artikel Kemudi Terasa Berat? Cek Komponen Ini dengan alamat link https://motorxpert.blogspot.com/2018/10/kemudi-terasa-berat-cek-komponen-ini.html

Related Posts:

0 Response to "Kemudi Terasa Berat? Cek Komponen Ini"

Post a Comment