Pentingnya Perhatian Ekstra Rantai Motor di Musim Hujan

Pentingnya Perhatian Ekstra Rantai Motor di Musim Hujan - Bertemu lagi dengan saya Admin Go Sehat Pedia, Kali ini saya menulis artikel dengan judul Pentingnya Perhatian Ekstra Rantai Motor di Musim Hujan, semoga saja isi postingan mengenai Otomotif, bermanfaat buat sahabat Go Sehat Pedia.

Judul : Pentingnya Perhatian Ekstra Rantai Motor di Musim Hujan
link : Pentingnya Perhatian Ekstra Rantai Motor di Musim Hujan

Cek berkala rantai motor jangan sampai karat biar awet. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto

Jakarta: Saat musim hujan ada beberapa komponen sepeda motor yang perlu mendapat perhatian ekstra. Salah satunya adalah bagian rantai. Sebab air hujan yang mengandung zat asam akan membuat rantai motor cepat berkarat.

Menurut Yosi yang buka bengkel Bangbrand di Pondok Timur Indah, Bekasi Timur, Jawa Barat, rantai motor yang berkarat membuat performa motor kurang optimal. Yang terburuk bisa menyebabkan rantai putus. Ini disebabkan perawatan di rantai dan gir motor yang kurang.

"Untuk mencegah hal tersebut, lakukan perawatan secara berkala minimal 3-4 bulan sekali. Bersihkan rantai dan gir motor dengan cara dilepas, kemudian cuci menggunakan bensin atau air sabun," ujar Yosi saat berbincang dengan Medcom.id di Bekasi, beberapa waktu lalu.

Perawatan lain dengan melumasi rantai secara berkala. Kondisi rantai yang kering membuat daya tahan semakin berkurang dan rantai cepat kendur. “Jika melumasi rantai menggunakan oli usahakan pakai oli baru. Selain itu, usahakan pakai oli encer seperti SAE 10-15 atau dengan pelumas yang telah direkomendasikan agar rantai dan gir lebih awet," tambah Yosi.

Ekstra perawatan harus dilakukan saat musim hujan. Sebab, air hujan dan kotoran cenderung mempercepat usia pakai rantai dan gir. Penyetelan ketegangan rantai juga harus pas, karena akan berpengaruh terhadap kinerja mesin. Selain itu, setelan rantai yang terlalu kencang akan membuat rantai cepat renggang.

"Rantai sudah harus diganti jika renggang. Ada juga yang menggunakan cara dengan memotong rantai biar bisa disetel lagi. Namun hal itu tidak terlalu direkomendasikan. Jika memang melakukan itu, usahakan  batas pemakaian paling lama satu bulan agar aman," saran Yosi.

Untuk mengganti spare part, Yosi menyarankan untuk menggunakan yang orisinil untuk komponen rantai dan gir. Sebisa mungkin juga satu paket agar lebih awet dan kualitas terjamin.

(UDA)


Let's block ads! (Why?)



Bagaimana postingan Artikel tentang Pentingnya Perhatian Ekstra Rantai Motor di Musim Hujan ?

Mungkin cukup sekian postingan Pentingnya Perhatian Ekstra Rantai Motor di Musim Hujan kali ini, semoga bisa memberi manfaat untuk anda. Sampai bertemu kembali di postingan artikel selanjutnya. Jangan lupa bagikan artikel ini jika bermanfaat.

Terima kasih telah membaca artikel Pentingnya Perhatian Ekstra Rantai Motor di Musim Hujan dengan alamat link https://motorxpert.blogspot.com/2018/10/pentingnya-perhatian-ekstra-rantai.html

Related Posts:

0 Response to "Pentingnya Perhatian Ekstra Rantai Motor di Musim Hujan"

Post a Comment