Perbedaan Antara Turbo dan Supercharger: Kelebihan dan Kekurangan

Perbedaan Antara Turbo dan Supercharger: Kelebihan dan Kekurangan - Bertemu lagi dengan saya Admin Go Sehat Pedia, Kali ini saya menulis artikel dengan judul Perbedaan Antara Turbo dan Supercharger: Kelebihan dan Kekurangan, semoga saja isi postingan mengenai kekurangan supercharger, kekurangan turbo, kekurangan turbocharger, kelebihan supercharger, kelebihan turbo, kelebihan turbocharger, perbedaan turbo dan supercharger, bermanfaat buat sahabat Go Sehat Pedia.

Judul : Perbedaan Antara Turbo dan Supercharger: Kelebihan dan Kekurangan
link : Perbedaan Antara Turbo dan Supercharger: Kelebihan dan Kekurangan

Artikel bagian kedua ini akan menjelaskan mengenai kelebihan dan kekurangan dari Turbo dan Supercharger. Jika Anda ingin tahu cara kerja kedua benda ini, silahkan mengunjungi artikel pertama di link berikut ini. Cara Kerja Turbo dan Supercharger

Oke, langsung ke bahasan. Meskipun memiliki fungsi yang sama, namun kedua benda ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.


Turbo: Kelebihan
  • Peningkatan tenaga yang signifikan
  • Memiliki ukuran bermacam dan dapat digunakan pada mesin berukuran kecil
  • Meningkatkan efisiensi bahan bakar, seperti yang sekarang banyak dilakukan industri otomotif dengan mengurangi kapasitas mesin dan menggantikan kehilangan tenaga dengan memasang turbo
  • Turbo digerakkan dengan udara pembuangan hasil pembakaran sehingga dapat diumpamakan semacam 'daur ulang' dalam mesin
Turbo: Kekurangan
  • Turbo Lag adalah adanya 'jeda' pada saat turbo akan aktif. Dikarenakan adanya proses menunggu dari menginjak gas - pembakaran semakin besar - pembuangan menghasilkan aliran angin yang lebih besar - Turbo aktif.
  • Karena kerjanya semakin efektif dengan meningkatnya pasokan udara hasil pembakaran, maka turbo akan lebih terasa di putaran mesin tinggi.
  • Jika dilakukan dengan teknik menginjak pedal gas secara tiba-tiba dan dalam, turbo dapat memberikan lonjakan tenaga dan berpengaruh terhadap stabilitas dan traksi mobil
  • Turbo akan membutuhkan oli mesin lebih karena hasil pembakaran membuat turbo cenderung menjadi sangat panas

Supercharger: Kelebihan
  • Peningkatan tenaga yang besar
  • Tidak ada gejala Turbo Lag, seperti yang disebutkan di atas karena mengandalkan crankshaft, roller dan belt (sabuk pada mesin) yang akan aktif seketika ketika dibutuhkan tenaga lebih
  • Karena kerjanya seketika dan tanpa adanya jeda, maka sangat cocok pada putaran mesin rendah
Supercharger: Kekurangan
  • Kurang efisien dibandingkan dengan Turbo dikarenakan untuk menggerakkan roller dan engine belt (sabuk mesin) juga menggunakan tenaga dari mesin. Jadi supercharger meminjamkan tenaga dengan meminjam tenaga dari mesin. Tetapi dengan rasio peningkatan power lebih tinggi dibanding tenaga yang dipinjamnya.
  • Akibat peminjaman tenaga, mesin bekerja lebih berat dan keras, juga peningkatan suhu yang berdampak pada usia pemakaian mesin.
Itulah sekiranya kelebihan dan kekurangan antara Turbo dan Supercharger. Sekian dari saya. Semoga bermanfaat. Salam petrolhead!


Bagaimana postingan Artikel tentang Perbedaan Antara Turbo dan Supercharger: Kelebihan dan Kekurangan ?

Mungkin cukup sekian postingan Perbedaan Antara Turbo dan Supercharger: Kelebihan dan Kekurangan kali ini, semoga bisa memberi manfaat untuk anda. Sampai bertemu kembali di postingan artikel selanjutnya. Jangan lupa bagikan artikel ini jika bermanfaat.

Terima kasih telah membaca artikel Perbedaan Antara Turbo dan Supercharger: Kelebihan dan Kekurangan dengan alamat link https://motorxpert.blogspot.com/2018/03/perbedaan-antara-turbo-dan-supercharger.html

Related Posts:

0 Response to "Perbedaan Antara Turbo dan Supercharger: Kelebihan dan Kekurangan"

Post a Comment