Mengapa Mesin Diesel Lebih Irit dan Efisien Dibanding Mesin Bensin?

Mengapa Mesin Diesel Lebih Irit dan Efisien Dibanding Mesin Bensin? - Bertemu lagi dengan saya Admin Go Sehat Pedia, Kali ini saya menulis artikel dengan judul Mengapa Mesin Diesel Lebih Irit dan Efisien Dibanding Mesin Bensin?, semoga saja isi postingan mengenai cara kerja mesin diesel, diesel irit efisien, mesin diesel, perbandingan mesin diesel dan bensin, bermanfaat buat sahabat Go Sehat Pedia.

Judul : Mengapa Mesin Diesel Lebih Irit dan Efisien Dibanding Mesin Bensin?
link : Mengapa Mesin Diesel Lebih Irit dan Efisien Dibanding Mesin Bensin?

Melanjutkan artikel kemarin mengenai kelebihan dan kekurangan mesin diesel dan petrol (bensin), kali ini saya akan membahas mengenai mengapa mesin diesel lebih irit dan efisien. Langsung saja ke pembahasan.

Seperti yang kita tahu, mesin diesel banyak digunakan pada kendaraan berat seperti kereta, kapal, truk dan juga kapal selam. Dengan jumlah bahan bakar yang sama, diesel menghasilkan tenaga yang lebih ketimbang bensin. Hal yang perlu diingat antara kedua jenis mesin ini, diesel dan bensin menggunakan pembakaran internal, dimana proses pembakaran ada di dalam sebuah silinder.

Mesin diesel dan bensin, keduanya menekan atau mengkompres udara yang membuat udara menjadi sangat panas, sekitar 500 derajat C bahkan lebih. Pada mesin bensin, udara ditekan atau dikompres menjadi 1/10 dari volume aslinya, sedangkan pada mesin diesel udara ditekan atau dikompres 14 hingga 25 kali dari volume aslinya. Bayangkan panas yang akan dihasilkan dengan tekanan yang sangat besar. Dengan sedikit semburan bahan bakar, maka akan terjadi ledakan yang menggerakkan piston.

Karena panas yang sangat tinggi, mesin diesel tidak memerlukan busi untuk memercikkan api. Hanya sedikit semburan bahan bakar saja, ledakan akan terjadi.

Mesin Diesel (Tanpa Busi)

Mesin Bensin (Dengan Busi/Spark Plug)

Karena tekanan yang mencapai hingga 2 kali lebih besar, maka mesin diesel menjadi lebih efisien dan irit sebanyak 40%. Jadi dalam sekali kerja, mesin diesel menghasilkan tenaga lebih besar. Kelebihan lainnya yang membuat diesel lebih irit dan efisien adalah saat penggunaan mesin pada keadaan ringan atau putaran mesin rendah, mesin bensin membutuhkan supply (pasokan) bahan bakar lebih untuk membuatnya tetap bekerja, sedangkan mesin diesel tidak membutuhkannya.

Itulah mengapa mesin diesel lebih irit dan efisien. Faktor lainnya adalah pada bahan bakar diesel per galon menyimpan energi sedikit lebih besar ketimbang bahan bakar bensin yang berhubungan dengan molekul dengan atom lebih banyak.

Yang menjadi masalah dari mesin diesel adalah polutan yang dimilikinya, berisik dan juga menghasilkan banyak partikel tak terbakar yang berbahaya untuk kesehatan. Itulah setidaknya penjelasan mengenai kelebihan mesin diesel yang irit dan efisien. Sekian dari saya. Semoga bermanfaat!


Bagaimana postingan Artikel tentang Mengapa Mesin Diesel Lebih Irit dan Efisien Dibanding Mesin Bensin? ?

Mungkin cukup sekian postingan Mengapa Mesin Diesel Lebih Irit dan Efisien Dibanding Mesin Bensin? kali ini, semoga bisa memberi manfaat untuk anda. Sampai bertemu kembali di postingan artikel selanjutnya. Jangan lupa bagikan artikel ini jika bermanfaat.

Terima kasih telah membaca artikel Mengapa Mesin Diesel Lebih Irit dan Efisien Dibanding Mesin Bensin? dengan alamat link https://motorxpert.blogspot.com/2018/03/mengapa-mesin-diesel-lebih-irit-dan.html

Related Posts:

0 Response to "Mengapa Mesin Diesel Lebih Irit dan Efisien Dibanding Mesin Bensin?"

Post a Comment