Cara Kerja Mesin Rotary dan Kelebihan-Kekurangan

Cara Kerja Mesin Rotary dan Kelebihan-Kekurangan - Bertemu lagi dengan saya Admin Go Sehat Pedia, Kali ini saya menulis artikel dengan judul Cara Kerja Mesin Rotary dan Kelebihan-Kekurangan, semoga saja isi postingan mengenai cara kerja mesin rotary, kelebihan kekurangan mesin rotary, mesin rotary, mesin rotor, rotary engine, bermanfaat buat sahabat Go Sehat Pedia.

Judul : Cara Kerja Mesin Rotary dan Kelebihan-Kekurangan
link : Cara Kerja Mesin Rotary dan Kelebihan-Kekurangan
Mesin Rotary

Mesin rotary merupakan sebuah mesin dengan konfigurasi yang unik. Jika mesin pada umumnya menggunakan piston yang bergerak naik-turun untuk menghasilkan tenaga, namun pada mesin rotary menggunakan rotor yang berbentuk segitiga, bekerja berputar untuk menghasilkan tenaga.

Cara Kerja

Seperti gambar di atas, intake atau supply udara digambarkan pada warna kuning. Ketika udara mulai masuk, mesin secara tidak langsung juga mulai menekan atau mengkompres udara (oranye) seperti pada gambar 2. Udara yang dikompres atau ditekan akan diledakkan oleh busi, seperti pada gambar 3 dan pembuangan hasil sisa pembakaran sebelumnya mulai dikeluarkan. Ketika ledakkan terjadi, fase pembuangan (exhaust) mendekati akhir, sedangkan di satu sisi intake atau supply udara dimaksimalkan (gambar 4) yang nantinya akan dikompres atau ditekan lagi dan diledakkan agar fase pembakaran terus berlangsung.

Kelebihan
  • Cara kerja sederhana dibanding piston
  • Lebih ringan dan berukuran lebih kecil dibanding mesin piston
  • Ukuran kecil menghemat ruang pada mesin
  • Dengan ukuran kecil, tenaga yang dihasilkan jauh lebih besar ketimbang mesin piston dengan kapasitas yang sama (weight-to-ratio tinggi)
  • Putaran mesin tinggi dan mesin halus, serta stabil karena lebih sedikit parts yang dimiliki mesin rotary
Kekurangan
  • Boros dan emisi yang buruk
  • Pengecekan oli secara rutin karena mesin rotary menyemburkan oli untuk lubrikasi rotor yang juga berpengaruh pada emisi
  • Spare Part mahal dan karena berbeda dari mesin piston, servis hanya bisa dilakukan di bengkel khusus mesin rotary atau ke dealership
Itulah sekiranya cara kerja dan kelebihan serta kekurangan pada mesin rotary. Sekian dari saya. Semoga bermanfaat!


Bagaimana postingan Artikel tentang Cara Kerja Mesin Rotary dan Kelebihan-Kekurangan ?

Mungkin cukup sekian postingan Cara Kerja Mesin Rotary dan Kelebihan-Kekurangan kali ini, semoga bisa memberi manfaat untuk anda. Sampai bertemu kembali di postingan artikel selanjutnya. Jangan lupa bagikan artikel ini jika bermanfaat.

Terima kasih telah membaca artikel Cara Kerja Mesin Rotary dan Kelebihan-Kekurangan dengan alamat link https://motorxpert.blogspot.com/2018/03/cara-kerja-mesin-rotary-dan-kelebihan.html

Related Posts:

1 Response to "Cara Kerja Mesin Rotary dan Kelebihan-Kekurangan"

  1. Sangat bagus..menambah pengetahuan seputar dunia engine..

    ReplyDelete