5 Alasan Mengapa Mesin F1 Tidak Dapat Digunakan Pada Mobil Jalanan - Car Throttle

5 Alasan Mengapa Mesin F1 Tidak Dapat Digunakan Pada Mobil Jalanan - Car Throttle - Bertemu lagi dengan saya Admin Go Sehat Pedia, Kali ini saya menulis artikel dengan judul 5 Alasan Mengapa Mesin F1 Tidak Dapat Digunakan Pada Mobil Jalanan - Car Throttle, semoga saja isi postingan mengenai f1 engine, formula one engine, mesin f1, mesin formula one, mesin formula satu, bermanfaat buat sahabat Go Sehat Pedia.

Judul : 5 Alasan Mengapa Mesin F1 Tidak Dapat Digunakan Pada Mobil Jalanan - Car Throttle
link : 5 Alasan Mengapa Mesin F1 Tidak Dapat Digunakan Pada Mobil Jalanan - Car Throttle

Kita semua tahu, kalau Formula 1 merupakan salah satu mobil diperuntukkan untuk balap dengan banyak kelebihan, mesin dengan kemampuan yang sangat besar dengan kubikasi kecil, center of gravity (titik gravitasi) rendah yang membuat mobil ini sangat lincah dan juga berbagai parts yang digunakan, membuat Formula 1 menjadi salah satu ajang balap tercepat yang pernah ada.

Membahas mengenai Formula 1, kenapa tidak mobil dengan kemampuan super seperti ini dijadikan versi jalanannya yang tentu akan sangat keren dan cepat. Berikut 5 alasan mengapa mesin F1 tidak tidak dapat digunakan pada mobil jalanan versi Car Throttle.

1. Mesin Formula One Sangat Sulit Dinyalakan


Untuk menyalakan mesin F1 tidak semudah menyalakan mobil pada umumnya. Mesin Formula 1 harus dipanaskan terlebih dahulu dengan menyalurkan air dan minyak melalui pompa dengan suhu 80 derajat celsius. Tidak semudah memutar kunci atau menekan tombol starter untuk menyalakan mesin Formula 1.

2. Mesin Formula 1 Tidaklah Murah


Mesin Formula 1 rata-rata berharga 7,7 juta USD atau setara dengan 106 M Rupiah. Dengan kapasitas mesin yang kecil, para engineer harus memaksimalkan kemampuan mesin. Tidak heran putaran mesin Formula 1 mencapai 15.000 rpm. Saat ini, regulasi diberikan pada setiap tim dengan berbagai batasan agar kemampuan mesin yang digunakan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Di era sebelumnya, setiap tim menggunakan mesin baru untuk setiap balapan yang berarti satu mesin hanya digunakan untuk 400 km saja.

3. Sistem Pendinginan


Meskipun mesin yang digunakan hanya berkapasitas 1.600cc dengan konfigurasi V6, namun dengan putaran mesin mencapai dua sampai tiga kali lebih besar, maka dibutuhkan sistem pendinginan yang sangat besar. Seperti pada gambar di atas, radiator diletakkan menghadap ke bawah agar mendapatkan pasokan udara lebih besar.

4. Penggunaan Bahan Bakar


Regulasi yang mengatur mengenai penggunaan bahan bakar pada ajang balap Formula 1 adalah sebanyak 100 liter untuk satu jam. Jika tangki bahan bakar Formula 1 saja berkapasitas 225 liter, tentu akan sangat boros. Belum juga bahan bakar yang digunakan untuk Formula 1 bukanlah bahan bakar biasa.

5. Umur Mesin Formula 1 Sangatlah Singkat


Mesin Formula 1 digunakan dalam kondisi ekstrim sehingga tekanan yang didapatkan oleh mesin sangatlah besar. Jika tidak dibatasi, mesin Formula 1 dapat berputar sebanyak 20.000 rpm dikarenakan penggunaan stroke pendek dan bore yang sangat lebar (karakteristik mesin dengan putaran tinggi). Jika dihitung, berarti setiap detiknya, mesin melakukan 300 putaran. Dengan kemampuannya ini. mesin Formula 1 hanya dapat digunakan untuk jarak 1000 km saja.

Mesin Formula 1 untuk mobil jalanan? Tidak sepertinya.


Bagaimana postingan Artikel tentang 5 Alasan Mengapa Mesin F1 Tidak Dapat Digunakan Pada Mobil Jalanan - Car Throttle ?

Mungkin cukup sekian postingan 5 Alasan Mengapa Mesin F1 Tidak Dapat Digunakan Pada Mobil Jalanan - Car Throttle kali ini, semoga bisa memberi manfaat untuk anda. Sampai bertemu kembali di postingan artikel selanjutnya. Jangan lupa bagikan artikel ini jika bermanfaat.

Terima kasih telah membaca artikel 5 Alasan Mengapa Mesin F1 Tidak Dapat Digunakan Pada Mobil Jalanan - Car Throttle dengan alamat link https://motorxpert.blogspot.com/2018/04/5-alasan-mengapa-mesin-f1-tidak-dapat.html

Related Posts:

0 Response to "5 Alasan Mengapa Mesin F1 Tidak Dapat Digunakan Pada Mobil Jalanan - Car Throttle"

Post a Comment